Senin, 18 Februari 2013

Pembagian Permukaan Bumi

             Benua adalah daratan  yang sangat luas sehingga ada bagian yang tidak terpengaruh oleh angin laut Pulau adalah daratan yang sebagian besar wilayahnya terpengaruh oleh angin laut. Dalam kaitannya dengan pulau, kita mengenal pulau benua, pulau-pulau Oceania, dan pulau karang. Pulau benua adalah pulau yang   dipisahkan oeh benua terdekat dengan laut dangkal. Pulau-pulau Oceania adalah pulau yang dikelilingi oleh laut dalam. Pulau karang adalah pulau yang sebagian atau seluruhnya terdiri atas karang yang dibentuk hewan koral (Karang)
            Samudra adalah bagian perairan bumi yang sangat luas.Samudra memiliki susunan angin dan arusyang tetap. Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah banyak yang menggenangi dan membagi daratan atas benua dan pulau-pulau
            Permukaan bumi terbagi atas belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Batas kedua belahan ini adalah garis khatulistiwa atau ekuator. Wilayah mulai dari khatulistiwa ke arah kutub utara disebut belahan bumi utara, sedangkan wilayah dari khatulistiwa ke arah kutub selatan disebut belahan bumi selatan. Selain itu, belahan bumi barat dihitung mulai dari bujur 0' ke arah barat sampai gari bujur 180'. Belahan bumi timur dihitung mulai dari garis bujur 0' ke arah timur sampai garis bujur 180'

  
 A.Pembagian Benua 
   

      Dunia ini terdiri dari lima benua yaitu :
1.    Benua Asia
2.    Benua Afrika
3.    Benua Australia
4.    Benua Amerika
5.    Benua Eropa

B. Pembagian laut dan samudra
    

 
Ada banyak laut dan samudera di seluruh dunia. Ada yang dalam sementara beberapa yang dangkal. Berikut ini adalah laut dan samudera berdasarkan kedalaman rata-rata bersama dengan beberapa fakta menarik.
1.   Laut
a.   Laut Karibia
Laut Karibia mengambil tempat berikutnya dengan kedalaman rata-rata 2.575 meter. Laut Karibia adalah sebuah laut Samudra Atlantik. Beberapa fakta menarik tentang Laut Karibia adalah:
a.    Laut Karibia adalah salah satu laut dengan kadar garam terbesar yaitu seluas 2.754.000 kilometer persegi.
b.   Cayman Way adalah titik terdalam laut dengan kedalaman 7.686 meter.
c.     Ada dua palung samudera Laut Karibia yang terkenal yaitu "Palung Hispaniola" dan "The Puerto Rico Trench."
            b.    Laut Jepang 
  Laut ini mengambil tempat kelima dalam daftar samudera terdalam dan laut dengan kedalaman rata-rata 1.666 meter.
a.   Laut Jepang tidak memiliki pasang surut dan karakteristik ini sangat mirip dengan Laut Mediterania.
b.   Laut Jepang dihubungkan dengan laut lainnya oleh 5 selat dangkal. Mereka adalah Selat Tartary, La Perouse Selat, Selat Tsugaru, Selat Kanmon, dan Selat Korea.
c.    Laut Jepang memiliki 3 basis utama, yaitu cekungan Yamato, cekungan Jepang dan cekungan Tsushima.
d.   Tambahan informasi tentang Laut Jepang: Ada ada sengketa penamaan. Jepang mengklaim bahwa nama "Laut Jepang" secara umum diadaptasi pada abad ke-19 sedangkan Korea mengklaim bahwa nama berubah hanya pada abad ke-20; Korea Utara ingin "Laut Jepang" untuk diberi nama sebagai "Laut Timur Korea" sementara Korea Selatan mengusulkan "Laut Timur."


d.   Laut Mediterania
Laut Mediterania adalah laut terdalam berikutnya dalam daftar top 10 samudera terdalam dan laut dengan kedalaman rata-rata 1.501 meter.
a.   Titik terdalam adalah di "Calypso Deep" 5.627 meter.
b.   Laut Mediterania mendapat namanya dari kata Latin "mediterraneus." Ini berarti "di tengah bumi" atau "antara tanah." Laut Mediterania di antara dua benua, Afrika dan Eropa dan ini jelas menjelaskan bagaimana laut ini mendapat namanya.
c.    Kamu dengan mudah dapat mengenali Laut Mediterania dari warna biru yang mendalam.
 
e.   Laut Bering
Tempat berikutnya pergi ke Laut Bering yang memiliki kedalaman rata-rata 1.491 meter. 
   Laut Bering mendapat namanya setelah explorer Vitus Bering Denmark yang menjelajahi laut ini pada tahun 1728.
b.  Disana ada 16 ngarai kapal selam di Laut Bering dan "Zhemchug Canyon" adalah kapal selam terbesar.
c.   Beberapa dari spesies satwa liar yang menarik dari Laut Bering termasuk walrus, singa laut Steller, orca, dan beruang kutub. Spesies satwa yang punah di Laut Bering yaitu Bowhead paus, Paus Biru, Paus Sperma, Paus Bungkuk, Paus Pasifik Utara kanan dan Paus Sei.
 
f.    Laut Cina Selatan
Laut Cina Selatan mengambil tempat berikutnya dengan  kedalaman rata-rata 1.463 meter.
a. Laut Cina Selatan adalah bagian dari SamuderaPasifik seluas 3.500.000 kilometer persegi.
b.   Laut Cina Selatan, hampir 200 pulau dan karang telah diidentifikasi. Ini disebut sebagai Kepulauan Spratly. Kepulauan Spratly adalah mereka yang meliputi wilayah antara 810 dan 900 km. The Spratly terbesar Pulau diyakini Taiping Kepulauan yang meliputi jarak 1,3 km.
c.Tablemount Reed atau Bank Reed, sebuah gunung bawah laut di Laut Cina Selatan adalah struktur terendam atol terbesar di dunia.
g.   Laut Hitam Laut Hitam mengklaim posisi kesepuluh di antara 10 atas lautan terdalam dan laut dengan kedalaman rata-rata 1.190 meter.   a.Laut Hitam meliputi area seluas 436.400 kilometer persegi (Laut Azov dikecualikan.) b.   Laut Hitam merupakan cekungan meromictic terbesar di dunia. cekungan Meromictic adalah salah satu tempat air yang dalam dan lapisan air atas tidak tercampur                
c. Diyakini bahwa Laut 
   Hitam adalah danau air tawar yang terkurung daratan selama zaman es sebagian arkeolog mampu menemukan cangkang siput air tawar dan berbagai-man struktur dibuat di sekitar 100 m air.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar